Macam-Macam CCTV yang Dijual Di Pasaran

daftar harga cctv

Perusahaan besar yang memiliki aset berharga di dalamnya tentunya membutuhkan pengawasan ketat. Bukan hanya satpam saja yang harus berjaga, namun perusahaan tersebut juga membutuhkan CCTV untuk membuat tetap aman. Satpam tidak bisa selamanya berjaga 24 jam, berbeda dengan CCTV yang bisa bertahan 24 jam. CCTV atau Closed Circuit Television bisa diartikan sebagai perangkat kamera video digital dan dipakai untuk mengirim sinyal ke layar monitor. Wajar jika CCTV kerap disebut sebagai kamera pengintai. Dipasangnya CCTV bertujuan untuk memantau kondisi dan situasi tempat tertentu sebagai langkah pencegahan hal-hal yang tidak diinginkan. Bukan hanya perusahaan besar saja yang membutuhkan CCTV. Tetapi perumahan elit, toko offline, bank, dan lainnya pun bisa dipasang CCTV.

9 Macam CCTV yang Perlu Anda Ketahui

CCTV terintegrasi dengan televisi, komputer, laptop, smartphone dan tablet. Dalam pemilihan CCTV pun tergantung pada apa yang ingin diawasi atau pantau. Untuk pengawasan bisnis atau rumah biasanya menggunakan CCTV kamera, alat penghubung, serta penyimpan rekaman video. Jenis kamera CCTV biasanya terbagi menjadi sistem CCTV kabel dan nirkabel (wireless). Meskipun sama-sama kamera CCTV, namun nyatanya masing-masing kamera mempunyai spesifikasi dan fitur berbeda antara satu dan lainnya. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah para pembeli.

Berikut ini beberapa jenis dan bentuk CCTV yang kerap dijual di pasaran.

  1. Dome Camera

Merupakan pilihan pengawasan keamanan paling populer karena desain modis, instalasi praktis, dan mudah berbaur di lingkungan sekitar. Diberikan nama dome karena memang bentuknya mirip dome (kubah). Biasanya kamera CCTV ini digunakan oleh kantor, restoran dan toko. Tersedia dengan beragam fitur terbaru seperti kualitas gambar HD, kamera inframerah, pengawasan tempat gelap, wide dynamic range, sampai jenis camera CCTV vandalproof. Kelebihan dari CCTV ini adalah tidak perlu membeli bracket atau lensa tambahan.

  1. Dome Camera Indoor

Untuk jenis CCTV ini tersedia dengan beragam fitur canggih. Seperti HD (high definition), day/night, dan infrared night version. Umumnya CCTV ini hanya dipakai pada ruangan tertutup saja, karena memang tidak tahan cuaca. Kebanyakan CCTV ini mempunyai housing dari bahan plastik. Lensa yang dipakai umumnya berukuran 3.6mm, sebab memang dirancang pada sudut ruangan kecil sampai sedang supaya bisa mengawasi seluruh bagian ruangan. Jika memiliki fitur day/night, maka sensor di kamera bisa mendeteksi tingkat cahaya dalam ruangan. Saat cahaya minim, mode night akan aktif. Instalasi dome camera indoor ini pun sangat mudah dan bisa terhubung ke berbagai tipe DVR, DVD, Recorder, TV, Capture Card, dan lainnya.

  1. Dome Camera Infrared

Jenis kamera CCTV infrared mempunyai kemampuan menangkap gambar video dalam kondisi cahaya minim. LED IR yang ditempatkan pada bagian luar lensa mampu memberikan kemampuan melihat saat malam hari. Kamera CCTV ini bisa beroperasi pada hampir semua kondisi pencahayaan. Mulai dari siang hari sampai gelap malam. Dome Camera Infrared ini sangat sensitif sehingga bisa menggunakan sedikit cahaya untuk memberikan gambar apa yang sedang dilihat. Saat kondisi cahaya rendah, gambar yang dihasilkan hitam putih. Dalam kondisi gelap gulita, kamera yang menggunakan LED infrared built-in untuk menerangi di area depan.

  1. Dome Camera Vandal-Proof

Adalah kamera CCTV yang menggunakan casing sangat kuat sehingga cocok dipakai pada daerah rawan kejahatan. Kelebihannya adalah bisa terus beroperasi meskipun seseorang berusaha merusak. Tidak hanya itu saja, lapisan pelindung tebal dari kaca atau plastik di bagian depan akan melindungi lensa kamera. Kamera CCTV ini umumnya dibuat dari bahan logam padat dengan penutup lensa dari plastik polycarbonate anti pecah. Kabel CCTV dibuat menyatu ke dalam dinding, jadi sulit untuk dipotong atau ditarik keluar. Jika seseorang mencoba menempelkan sesuatu pada penutup maka pengawas akan segera mengetahui aksi tersebut.

  1. Dome Camera Pan-Tilt-Zoom

Kamera CCTB ini bisa menyediakan gambar dengan resolusi tinggi. Dome Camera Pan-Tilt-Zoom populer karena memiliki kemampuan menggerakan arah lensa kamera ke mana saja. Dengan menggunakan perangkat tambahan seperti joystick maka akan mudah dalam mengontrolnya. Pan Tilt Zoom memiliki arti lensa kamera yang bisa digerakkan secara horizontal (pan), vertikal (tilt), serta fokus lensa bisa diubah menjadi lebih dekat atau jauh (zoom). Untuk kamera CCTV ini bisa dikontrol lewat DVR, software remote viewing, dan joystick. Biasanya kamera CCTV ini diletakkan di bandara, stasiun, terminal, dan supermarket.

  1. IP Camera

Biasanya kamera video digital ini digunakan untuk memantau keamanan dan mengirim atau menerima data lewat jaringan komputer dan internet. Meskipun webcam juga bisa melakukan hal yang seperti ini. Namun istilah IP hanya dipakai untuk sistem pengawasan keamanan saja. IP camera digunakan pertama kali pada tahun 1996. IP camera memiliki beberapa kelebihan seperti tidak membutuhkan biaya banyak karena memiliki ukuran kecil dan bisa terhubung secara nirkabel ke router Wi-Fi. Kemudian IP Camera ini pun bisa menangkap gambar yang bergerak di depan dan mengirimkan notifikasi ke email. Selain itu IP Camera ini juga bisa melakukan remote login langsung ke kamera secara live lewat internet.

  1. Kamera CCTV Weather-Proof

Di desain khusus agar air hujan dan partikel kecil tidak bisa masuk yang nantinya bisa merusak kamera internal. Bentuk kamera CCTV weather-proof hadir dalam box, dome dan peluru. Selain itu desainnya pun dirancang khusus untuk menahan kondisi cuaca ekstrem dan memberikan pemantauan keamanan andal di kondisi apapun. Biasanya kamera ini dipakai pada stasiun kereta api, bandara, terminal bus, pelabuhan, gudang, sekolah, tempat parkir, kampus, dan pemantauan lalu lintas jalan raya. Selain memiliki kelebihan tahan cuaca dan kuat serta bisa beroperasi di kondisi ekstrem. Kamera CCTV ini pun bisa memberikan gambar kualitas tinggi HDT (High Definition Technology).

  1. Kamera CCTV Speed Dome

Teknologi yang dimiliki oleh kamera CCTV ini sangat tinggi untuk sistem pengawasan keamanan optimal. Tipe CCTV ini bisa meningkatkan sistem keamanan menjadi lebih handal karena kamera bisa berputar nyaris tanpa suara dan menangkap gambar dengan resolusi tinggi. Kamera CCTV ini mempunyai fungsi PTZ, decoder, dan infrared kompak dalam ukuran tetapi tetap menarik dalam penampilannya. Jenis kamera ini bisa digerakkan secara horizontal sampai 360 derajat, vertikal sampai 90 derajat, dan berputar balik arah 180 derajat di bagian bawah. Proses instalasi kamera CCTV ini pun lebih praktis.

  1. Kamera CCTV Explosion-Proof

Biasanya kamera CCTV ini dipasang pada lokasi berbahaya dan berisiko tinggi terjadi ledakan. Misalnya tambang, kilang minyak, pabrik dan lain-lainnya. Kamera CCTV ini dirancang tahan dari ledakan yang bisa terjadi di industri dengan lingkungan ekstrem berteknologi terbaru, water proof dan bebas dari debu. Kelebihan dai kamera ini adalah bisa hemat dalam mengawasi lapangan secara langsung. Bisa menciptakan kondisi kerja lebih aman dan efisien. Serta secara real time memberikan penilaian dan pengambilan keputusan lebih cepat.